SINTETIK: Sharing Implementasi Pembelajaran Berbasis TIK #2

 


Halo Sahabat Belajar 😊

Salam GUDEG

Gerakan Untuk Digitalisasi pendidikan Era Globalisasi 

    Pada hari Selasa, 23 Oktober 2024, saya berkesempatan melaksanakan berbagi praktik baik dengan rekan guru MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Sleman secara daring melalui google meet. Dalam praktik baik tersebut, saya memilih tema SINTETIK: Sharing Implementasi Pembelajaran Berbasis TIK. Kegiatan ini adalah webinar pertama saya dalam rangka berbagi dan berkolaborasi praktik baik inovasi pembelajaran. Kegiatan berbagi dan berkolaborasi dalam level 4 ini, saya beri nama GUDEG: Gerakan Untuk Digitalisasi pendidikan Era Globalisasi.

    Kegiatan dilaksanakan pada pukul 13.00 - 14.00 WIB dengan diawali pembukaan oleh moderator yaitu Septianto Hutama Putra, S,Pd., guru di SMA Negeri 1 Pakem. Beliau menyampaikan tentang pentingnya seorang guru menguasai TIK dan mengikuti perkembangan teknologi agar dapat menyesuaikan dengan peserta didik. Kegiatan selanjutnya yaitu sambutan dari ketua MGMP Bahasa Indonesia Sleman, Dwi Astuti Indriati, S.Pd., M.Hum. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi terhadap para guru yang megikuti PembaTIK serta Guru Penggerak. Beliau berharap guru-guru di zaman sekarang, khususnya guru bahasa Indonesia mampu melakasanakan budaya positif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

                                    

    Acara inti pada kegiatan praktik baik ini yaitu tentang implementasi pembelajaran berbasis TIK, di mana saya menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. Saya berbagi tentang Media Pembelajaran Interaktif (MPI) yang saya buat menggunakan canva. Di awal, saya menyampaikan terlebih dahulu terkait situasi/latar belakang mengapa praktik baik ini penting untuk saya laksanakan di satuan pendidikan saya. Dengan metode STAR, saya menjelaskan tentang Situasi, Tantangan, Aksi, dan Refleksi pembelajaran. Satu-persatu saya jabarkan implementasi inovasi pembelajaran MPI melalui metode STAR tersebut. Apa saja tantangan yang saya hadapi dan bagaimana solusinya serta bagaimana penerapan MPI yang saya implementasikan di dalam kelas. Selanjutnya, refleksi atau umpan balik proses pembelajaran yang saya laksanakan.

    Selain, berbagi tentang praktik baik dengan metode STAR, saya juga berkesempatan untuk mengenalkan MPI kepada peserta webinar. Terlihat peserta webinar begitu antusias dan tertarik untuk bisa membuat MPI. Hal ini tentunya merupakan awal yang baik untuk bapak ibu guru MGMP Bahasa Indonesia sehingga nantinya dapat memanfaatkan MPI dalam proses pembelajaran.

Mari menguatkan ekosistem digital pendidikan dengan berbagi dan berkarya untuk mewujudkan merdeka belajar. Salam GUDEG!

-Annisa Nurrahmawati-

Komentar