Ternyata ada lho asesmen yang menyenangkan berbasis game, yaitu dengan aplikasi GIMKIT. Gimkit adalah platform pembelajaran interaktif yang menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk kuis yang menyenangkan. Siswa dapat berkompetisi satu sama lain dalam menjawab pertanyaan, mengumpulkan poin, dan naik level. Platform ini tidak hanya menguji pemahaman siswa, tetapi juga mendorong mereka untuk berkolaborasi dan berpikir kritis.
Dalam implementasinya di kelas, saya dan siswa terlebih dahulu bertanya jawab tentang struktur dan kebahasaan teks anekdot. Nah, untuk mengetahui tingkat pemhaman siswa terhadap materi yang sudah saya ajarkan, saya menggunakan gimkit dan memilih mode petualangan layaknya super mario. Hasilnya, siswa merasa senang dan tertantang untuk menyelesaikan permainan. Terlebih, saat ini, siswa sudah candu terhadap game, dan aplikasi gimkit ini mampu memfasilitasi siswa tersebut dengan metode game petualangan yang disediakan.
Lalu, mengapa gimkit?
Gimkit dapat membuat pembelajaran menjadi lebih aktif, berpusat pada siswa, relevan dengan perkembangan zaman, dan berkolaborasi. Ada beberapa mode pilihan game yang dapat disesuaikan dengan minat siswa. Dengan demikian, gimkit merupakan salah satu media yang efektif untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.
Semoga praktik baik ini dapat menginspirasi sahabat belajar. Selamat mencoba 😊
Kegiatan praktik baik saya dapat dilihat dalam video berikut.
Komentar
Posting Komentar