Pembelajaran Interaktif dengan MPI


Halo Sahabat Belajar 😊

Bagaimana kabarnya? Semoga sehat dan bahagia selalu.

    Tidak bosan-bosan, kali ini saya akan berbagi tentang pembelajaran seru menggunakan MPI (Media Pembelajaran Interaktif). Nah, MPI ini saya buat menggunakan aplikasi canva. Materi dalam MPI adalah kebahasaan teks laporan hasil observasi.

    Situasi yang membuat saya MPI adalah kebahasaan teks laporan hasil observasi merupakan materi yang sulit sehingga hasil belajar siswa dalam materi tersebut tergolong rendah. Selain itu, siswa memiliki gaya belajar yang beragam, ada yang audio visual, kinestetik, dan auditory. Untuk itu, diperlukan sebuah pembelajaran yang mampu memfasilitasi ragam gaya belajar siswa, yaitu dengan pembelajaran diferensiasi yang saya gabungkan dengan MPI berbasis TIK.

    Saya menggunakan model PBL (Problem Based Learning), sebuah model pembelajaran berbasis masalah yang menuntut siswa untuk dapat memecahkan masalah yang disajikan secara mandiri. Model ini mampu melatih siswa untuk berpikir kritis.

    Pada orientasi siswa terhadap masalah, saya menayangkan sebuah teks laporan hasil observasi dan melakukan tanya jawab terkait isi/informasi yang terdapat dalam observasi yang dilihatnya. Selanjutnya, mengorganisasikan siswa untuk belajar, saya membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kemudian siswa dengan kelompoknya mulai belajar dengan MPI yang telah saya buat. Mereka berdiskusi untuk memahami materi serta mengerjakan kuis yang terdapat dalam MPI. Pada sintak ketiga, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, saya sebagai guru mengawasi proses jalannya diskusi dan memastikan keterlibatan seluruh siswa. Guru berperan penting agar pembelajaran dapat berjalan kondusif. Selanjutnya, menyajikan hasil karya, setiap siswa mengerjakan LKPD digital (live worksheet) yang ada dalam MPI, nilai otomatis akan muncul dan hal ini dapat mengukur pemahaman siswa terkait materi yang telah dipelajari. Di akhir, analisis dan evaluasi masalah, saya dan siswa bersama-sama menganalisis hasil diskusi dan menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

    Sebagai penutup, saya mengadakan asesmen menggunakan aplikasi kahoot dan refleksi pembelajaran dengan curipod. Hasilnya, siswa menggambarkan perasaannya dengan gembira, senang, menghibur, dan perasaan positif lainnya. Materi kebahasaan teks laporan hasil observasi yang mulanya dirasa sulit dan membosankan, ternyata dapat menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami setelah saya menggunakan MPI. Hasil pembelajaran pun meningkat.

    Untuk MPI yang saya gunakan di dalam kelas, dapat dilihat pada link berikut.

MPI Jelajah Alam Observasi

Semoga dapat menginspirasi!

-Annisa Nurrahmawati-

Komentar